Pengalaman Balik Nama Motor di Samsat Manyar Surabaya

In Pengalaman by LikoElek0 Comments

Dua tahun yang lalu  saya membeli motor baru melalui seorang teman. Tentu saja semua surat, BPKB dan STNK memakai nama dia. Selama ini jika saya ingin membayar pajak tahunan selalu pinjam KTP nya. Namun dia telah pindah alamat sehingga KTP nya pun ikut ganti alamat, sedangkan bulan Februari nanti saya harus membayar pajak motor tahunan, tanpa KTP dengan nama dan alamat yang sama seperti yang tertera di STNK, saya akan kesulitan melakukan pembayaran pajak tahunan. Oleh karena itu saya memutuskan untuk melakukan balik nama, apalagi mumpung ada pemutihan biaya balik nama, sehingga biayanya bisa lebih ditekan (walaupun ternyata jatuhnya masih mahal juga).

OK, berikut adalah pengalaman apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana prosesnya melakukan balik nama motor.

Memastikan di samsat mana saya harus mengurus balik nama!

Hal pertama yang saya lakukan adalah memastikan terlebih dahulu di samsat mana saya harus mengurus balik nama. Alamat yang tertera di STNK lama adalah daerah Rungkut, sedangkan saya ingin melakukan balik nama dengan menggunakan KTP punya pacar yaitu daerah Penjaringan Sari. Sehingga berdasarkan pembagian wilayah samsat, saya tidak perlu melakukan mutasi karena masih masuk satu wilayah dan cukup langsung mengurus si Samsat Manyar saja.

Untuk mengetahui pembagian daerah bisa dilihat di website ini

http://oriharayuzuru.blogspot.co.id/2016/03/Plat-L-Surabaya.html

  • Surabaya Timur (Kec. Tambaksari, Gubeng, Rungkut, Sukolilo, Mulyorejo, Gunung Anyar) (Dikeluarkan oleh Samsat Surabaya Timur/Manyar)
  • Surabaya Selatan (Kec. Wonokromo, Wonocolo, Wiyung, Karang Pilang, Jambangan, Gayungan, Sawahan, Tenggilis Mejoyo (Surabaya Timur), Dukuh Pakis (Surabaya Barat)) (Dikeluarkan oleh Samsat Surabaya Selatan/Ketintang)
  • Surabaya Pusat dan Surabaya Utara (Kec. Tegalsari, Simokerto, Genteng, Bubutan, Bulak, Kenjeran, Semampir, Pabean Cantikan, Krembangan) (Dikeluarkan oleh Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek)
  • Surabaya Barat (Kec. Benowo, Pakal, Asem Rowo, Sukomanunggal, Tandes, Sambikerep, Lakarsantri) (Dikeluarkan oleh Samsat Surabaya Barat/Tandes)
Siapkan berkas – berkasnya!

Persiapkan berkas – berkas yang diperlukan sebelum datang ke samsat. Berkas – berkas tersebut adalah:

  • KTP asli (atas nama pemilik baru)
  • Fotocopy KTP pemilik baru 2 lembar (tidak perlu fotocopy bolak – balik)
  • STNK asli (beserta bukti pembayaran pajak terakhir)
  • Fotocopy STNK 2 lembar
  • BPKB asli
  • Fotocopy BPKB 2 lembar
  • Kwitansi pembelian motor ditandatangani di atas materai 6000
  • Fotocopy kwitansi 2 lembar
  • Map

Siapkan juga

  • Bolpoint
  • Air Minum
  • Makanan Ringan

Persiapkan fotocopy berkas – berkas yang diperlukan sebelum datang ke Samsat, karena jika kita melakukan fotocopy di Samsat siap – siap saja mengantri panjang.

Masukkan semua berkas kedalam map.

Siapkan biayanya!

Karena saya sudah memfotocopy semua berkas sebelum datang ke samsat, maka saya tinggal menyiapkan biaya untuk pajak, dsb.

Biaya – biaya yang saya perlukan adalah:

  • Uang sukarela petugas gosok mesin dan rangka Rp. 5.000,-
  • Pajak tahunan yang terdiri dari:
    1. BBN KB (gratis karena ada pemutihan, 2/3 dari PKB jika tidak)
    2. PKB Rp. 169.500,-
    3. SWDKLLJ Rp. 35.000,-
  • BPKB Rp. 80.000,-
  • STNK dan TNKB Rp. 80.000,-

Jadi total dana yang saya siapkan adalah minimal Rp. 370.000,-

Datang ke Samsat Manyar dan melakukan gosok mesin dan rangka!

Ok, hari perjuangan tiba. Segera saya meluncur ke Samsat Manyar bersama pacar (kalau tidak membawa orang yang sesuai dengan KTP, maka harus menyiapkan surat kuasa).

Datanglah pagi – pagi, semakin siang kita datang, semakin lama prosesnya. Saya tiba di Samsat jam 8 pagi. Begitu sampai di Samsat, langsung parkir di bagian gosok nomor mesin dan rangka, jangan parkir di tempat parkir dulu.

Arah parkir gosok mesin dan rangka

Arah parkir gosok mesin dan rangka

Selesai parkir langsung menuju ke bagian pemberi kertas gosok di depan pintu masuk parkir, serahkan STNK asli dan petugas akan memberikan kertas gosok dan formulir. Formulir tidak perlu diisi apa – apa. Langsung cari petugas gosok dan minta tolong untuk digosokkan nomor rangka dan mesin serta serahkan formulir tadi ke petugas gosok. Selesai petugas melakukan gosok – gosok beri dia uang sukarela, saya tidak tahu apakah ini diwajibkan atau tidak tapi karena dia minta, ya saya kasih saja Rp. 5.000,-

Selesai melakukan gosok, segera pindahkan motor anda ke tempat parkir resmi Samsat. Lalu kembali ke tempat gosok tadi dan serahkan semua berkas termasuk formulir gosok ke loket pendaftaran gosok mesin dan rangka, letaknya pojok parkir gosok dan rangka. Lalu segera duduk di tempat tunggu, jangan berdiri di depan loket, karena pasti dimarahi. Tunggu nama disebut di pengeras suara. Segera datangi loket ketika nama disebut, karena jika kelewatan akan dipanggil nama berikutnya. Jika berkas lengkap dan benar, maka berkas akan dikembalikan dan diminta menuju ke loket pendaftaran.

Peta Area Gosok Mesin

Peta Area Gosok Mesin

Menuju Loket Pendaftaran!

Loket pendaftaran tak jauh dari loket pendaftaran gosok mesin dan rangka. Serahkan semua berkas dalam map ke petugas loket dan dia akan mengembalikan berkas beserta formulir pendaftaran. Isi formulir selengkap mungkin, lebih baik isi di bawah layar megatron, karena di situ ada copy contoh cara mengisi formulir yang benar.

Ketika mengisi formulir pada bagian Identitas diri, isikan data diri pemilik motor yang baru, jangan yang diisi data pemilik yang lama. Jika ragu dalam pengisian lebih baik kosongkan saja dulu, karena nanti akan dipandu oleh petugas pemandu. Selesai mengisi, lipat formulir dengan bagian biodata diri menghadap keluar dan masukkan ke dalam map. Jangan lupa melingkari bagian Ganti Nama Pemilik.

Alur Masuk ke Gedung

Alur Masuk ke Gedung

Masuk ke Gedung Samsat!

Lalu masuk ke dalam gedung samsat, pintu masukknya adalah pintu dekat layar megatron. Begitu masuk ke gedung, tengok sebelah kanan ada meja bagian pemandu. Serahkan berkas ke petugas pemandu untuk di cek kelengkapannya, jika ada bagian formulir yang belum diisi, maka dia akan memandu kita untuk mengisi, jika ada berkas yang kurang, maka petugas akan meminta kita melengkapinya. Jika lengkap petugas akan menyusun berkas kita dan diarahkan ke loket blokir polisi.

Loket blokir polisi letaknya ada sebelah kanan dari pintu masuk. Serahkan berkas ke petugas dan semenit kemudian berkas akan dikembalikan (ini adalah loket paling cepat pelayanannya). Lalu kita akan di arahkan ke Loket 1.

Letak loket 1 ada di seberang dekat pintu masuk. Serahkan semua berkas ke petugas Loket 1 bersama orang yang tertera di KTP, karena jika tidak, kita akan ditanya mana orang yang ada di KTP. Berkas akan diambil dan hanya BPKB yang dikembalikan. Petugas akan meminta kita menunggu nama kita dipanggil.

Lalu duduk di depan ruang tunggu Loket 2. Loket 2 dibagi menjadi beberapa bagian. Supaya fokus pendengaran kita duduklah di depan bagian Loket Lansia. Bersabarlah menunggu sampai nama kita dipanggil. Ketika nama dipanggil, segera menuju ke Loket 2 dan membayar Pajak Tahunan. Kita akan diberi bukti pembayaran pajak dan plastik kosong tempat menyimpan STNK dan bukti pembayaran pajak. Duduklah untuk menunggu nama dipanggil kembali. Kali ini duduklah di depan bagian Loket TNKB

Bersabarlah kembali, tunggu sampai nama dipanggil kembali. Jika nama sudah dipanggil, serahkan BPKB dan membayar sejumlah Rp. 80.000,-. BPKB akan diambil, diberi bukti pembayaran BPKB dan kita diminta menunggu kembali.

Bukti Pembayaran BPKB

Bukti Pembayaran BPKB

Kembali duduk di depan Loket TNKP dan bersabar. Nama kita akan dipanggil kembali, dan kita membayar kembali Rp. 80.000,- untuk pembayaran STNK dan TNKB. Kita akan diberi Bukti pembayaran STNK. Masukkan Bukti pembayaran STNK ini di wadah yang ada di depan loket pembayaran STNK.

Bukti pembayaran STNK

Bukti pembayaran STNK

Duduk kembali, kali ini pindah duduk di paling ujung kiri sekitar loket Bank Jatim dan tunggu nama kita dipanggil kembali. Ada 2 kali pemanggilan nama disini, panggilan pertama adalah untuk mengambil TNKB / Plat Nomor, lalu duduk kembali dan tunggu. Panggilan kedua adalah untuk mengambil STNK, siapkan Bukti Pembayaran Pajak dan jangan dimasukkan ke dalam plastik karena untuk diberi stempel oleh petugas bahwa Plat Nomor dan STNK telah diambil. Pastikan nama dan alamat di STNK yang baru benar. Lalu geser ke sebalah kanan dan tulis nama serta tanda tangan di buku daftar pengambilan STNK dan TNKB.

Alur Terakhir

Alur Terakhir

Sampai disini proses sudah selesai untuk perubahan nama di STNK. Kita diminta menunggu kurang lebih 5 minggu lagi untuk mengambil BPKB yang sudah terisi nama pemilik yang baru. Jika nanti saya sudah melakukan proses ini, artikel ini akan saya update beserta gambar loketnya.

Total waktu yang saya habiskan di kantor samsat adalah kurang lebih 3,5 jam. Dari datang jam 8 pagi, selesai jam 11.30 siang. Oleh karena itu bawalah snack untuk cemilan dan air minum. Serta bawa pacar atau teman supaya ada teman ngobrol sambil menunggu dan membantu kita untuk mendengarkan baik – baik kalau nama kita dipanggil.

Saran untuk Samsat, daripada menggunakan pengeras suara untuk memanggil nama kita, lebih baik menggunakan nomor antrian yang bisa ditampilkan di layar seperti di Kantor Imigrasi, sehingga masyarakat tahu sampai mana antrian kita dan tidak kuatir ketinggalan antrian karena tidak dengar nama kita dipanggil. Juga ada TV digunakan hanya untuk menampilkan acara televisi yang mana tidak terlalu berguna karena ga kedengaran suaranya, lebih baik digunakan saja untuk menampilkan nomor antrian.

Yang patut diapresiasi adalah petugas penjaga pintu masuk, dia tanggap dan ramah dengan pertanyaan – pertanyaan kita.

Oh ya, jika kebelet ingin ke toilet, toiletnya ada di pojok gedung, jalan saja menuju loket blokir polisi, dan di ujung jalan akan ada petunjuk toliet.

Comment With Facebook

or Reply with Wordpress

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz